Elephant’s Toothpaste

Siang itu pembina kelompok karya ilmiah remaja alias KIR tiba – tiba menghampiri “Neng, ada ide buat display anak – anak KIR ke murid baru nggak?” ujar Bu Elly. “Hee?? Apa ya bu,. Hmm.. ” ujarku kaget. Ingatanku mengembara ke masa – masa kuliah dulu. Ada satu hal yang menarik buat saya saat praktikum kimia di laboratorium kimia dasar, Sesuatu yang berbusa – busa tapi bukan berasal dari gelembung sabun. Reaksinya berlangsung cepat dan sepertinya prosesnya mudah, tinggal tuang dan langsung deh jadi busa. Akhirnya saya tanya ke temen yang pernah praktikum bareng, “Pasta Gigi Gajah itu nieeee… viera inget itu cara kerjanya ada d modul halaman paling blakang, tp modulnya udah entah kemana hehehe…” jawab temanku via sms. Hah! Pasta gigi gajah, kayaknya seru nih buat display ke murid – murid baru. Akhirnya searching deh di internet, berikut resep yang pernah saya buat :

Alat dan Bahan

  1. Gelas ukur 100 mL
  2. Gelas kimia 30 mL
  3. Batang pengaduk
  4. Nampan plastik
  5. KI jenuh (Kalium iodida)
  6. H2O2 30% (Hidrogen Peroksida)
  7. Sabun cair / detergent yang dilarutkan kedalam air
  8. Pewarna

Cara Kerja

Membuat KI jenuh               : tuangkan aquades / air kedalam gelas kimia 30mL sebanyak 10mL kemudian masukkan KI kedalamnya dan aduk hingga KI tidak larut lagi.

Membuat H2O2 30%           : karena di laboratorium sekolah hanya ada H2O2 80% jadi diencerkan terlebih dahulu (hayooo gimana ngencerinnyaa… :D).

* Gunakan jas lab, sarung tangan, masker dan goggle. Hidrogen peroksida sangat irritant terhadap kulit, kulit akan terasa pedih dan membekas putih jika terpapar. Dan ya… rasa pedihnya lumayan lama hilang meski sudah di bilas dengan air. Uapnya juga berbahaya bagi paru – paru, bisa menyebabkan bronchitis. Kalium iodida juga bersifat toksik bagi pencernaan jika tertelan. Sooo… hati2 yaa.. safety first! Link msds

Letakkan gelas ukur 100mL di atas nampan plastik. Masukkan 20mL H2O2 30% kedalam gelas ukur 100mL. kemudian tuangkan 5mL sabun cair yang sudah diberi pewarna (warna terang lebih ok!). Nah, bagian terakhir tuangkan KI jenuh sebanyak 5mL. Segeralah menjauh setelah menuangkan KI, karena BOOOOOM! Pasta gigi gajah akan menyeruak dari mulut gelas ukur. Hati – hati, busanya panas lhoo..

Karena gak bawa kamera jadi g di foto deh pasta gigi gajahnya…

Nah.. nah.. rasanya ada yang kurang deh kalo ngelakuin percobaan tapi g tahu reaksi apasih yang sebenarnya terjadi? Kok bisa ya terbentuk busa? Kok panas ya busanya? Yuk,, yuk.. kita baca penjelasan di bawah ini.

H2O2 alias hidrogen peroksida terdiri atas 2 atom hydrogen dan 2 atom oksigen, mirip air yang rumus molekulnya H2O. Hirogen peroksida merupakan oksidator kuat dan dapat terurai menjadi O2 dan H2O. Pada reaksi pembuatan pasta gigi gajah, KI berperan seperti katalis yang mempercepat reaksi penguraian H2O2 menjadi air dan gas oksigen. Nah… keberadaan sabun dalam gelas ukur juga gas oksigen ini lah yang membentuk busa. Busa adalah sistem koloid dimana zat terdispersinya adalah gas oksigen dan pendispersinya adalah air (gas dalam cair). Jika diperhatikan, busa yang terbentuk mengeluarkan asap alias puanas,, berarti reaksi yang terjadi bersifat eksotermik, ada pelepasan kalor dari sistem ke…. Lingkungan

Jika ingin beli H2O2 dengan konsentrasi tinggi, 30% misalnya, belilah di toko yang menjual zat – zat kimia. Konsentrasi H2O2 terendah adalah 3%, biasanya di jual di apotek dan aman untuk kulit kita, tapi cukup mematikan bagi bakteri, virus dan jamur di permukaan kulit manusia.

Nah! Seperti inilah pasta gigi gajah
Sepertinya ini layak dicoba hkhkhk.. wadah yang digunakan adalah erlenmeyer. Bagian dasar yang lebar dan mulut tabung yang sempit ditambah gas O2 yang terbentuk memberikan tekanan yang cukup kuat untuk mendorong busa terbang ke atas! Whhiiuuww.

7 responses to “Elephant’s Toothpaste

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s