celoteH

Siang itu matahari bersinar begitu terik. Jalanan hitam beraspal semakin mengilat ditempa sinarnya. Langit diatas kepalaku biru cerah tak ber awan, tapi diujung kanan nun jauh di sana segerombolan awan cumulunimbus seolah bersiap tuk menumpahkan isinya ke tanah yang ku pijak.

Angin kering menghempas ujung kerudung coklat yang ku kenakan. Aku seka Keringat yang membasahi pelipis dengan punggung tanganku. Ku percepat langkah kaki yang mulai kepayahan. Dibadan jalan aku berdiri, pepohonan rindang membuatku teduh. kupandangi mobil – mobil yang berseliweran berharap angkot yang menuju rumahku lewat.
——————————————–
Aku duduk sekenanya di dalam angkot yang tengah melaju menuju rumahku.

“Dede di sekolah kenalan sama sipa aja?” Tanya seorang ibu kepada gadis kecil yang duduk di sampingnya. Gadis kecil berambut keriting itu hanya tertawa lucu menjawab pertanyaan ibunya. Pandanganku tertuj ke arah mereka berada.

“Kalo di sekolah itu ya.. kenalan sama temen – temen,,” Sambung sang ibu. Gadis kecil itu menyebutkan satu persatu temannya meski tidak banyak sambil memainkan rambut keritingnya.

“Eh,, adek belajar apa aja di sekolah?”. “Belajar ini bu…” gadis kecil itu sibuk melepas tas punggung yang di bawanya. Dia ingin menunjukkan apa yang dia pelajari disekolahnya dengan mengeluarkan seluruh isi tasnya tapi keburu di cegah oleh sang ibu. “Jangan di sini dek,, di rumah aja ya…mamahnya repot nih”

“Adek belajarnya yang rajin biar pinter, adek kalo udah gede mau jadi apa? “Tanya sang ibu. Gadiskecil itu memainkan matanya yang jeli keatas sambil mendongakkan kepalanya kemudian menatap ibunya “adek mau jadiiiii…olaaaang..hehehe..”. “Loh kok jadi orang? kan adek sekarang udah jadi orang..ayoo adek mau jadi apa??” tanya ibunya lagi. “Adek mo jadi ibu guluuuu…” jawab gadis kecil sambil menepuk – nepuk tangannya. “Kok jadi bu guru?? cita – cita itu ya… jadi dokter…” ujar sang ibu.

“yaudah adeh mau jadi doktellll…”. “teyus kalo ibu cita citanya apa?” celoteh gadis kecil itu. “Deg,,!” Aku lihat ibu itu gelagapan menjawab pertanyaan yang tak terduga ini. “ibu mau jadi apa??” tanya sang anak lagi. “Ibu kan udah jadi kayak gini” jawab ibu itu. “Emang jadi apa?” tanya gadis kecil yang masih belum puas dengan jawaban ibunya. “ya ibu kan udah jadi kayak gini, yaa… udah”

Tak jarang ibu, kakak, tante,, om menanyakan cita – cita kepada seorang anak kecil, tapi.. aku baru dengar seorang anak kecil yang menanyakan cita – cita ke ibunya

hmm… aku jadi kepikiran seandainya aku jadi ibu itu aku akan jawab apa ya…

3 responses to “celoteH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s