Luka Bakar Akibat Fosfor

p-putih-merah-comp

fosfor putih dan merah

Dalam sistem periodik, fosfor berada pada perioda ke-3. Fosfor memiliki beberapa bentuk alotrop diantaranya adalah fosfor merah, fosfor putih dan hitam. Fosfor putih bentuknya lunak, titik lelehnya rendah dan kadang – kadang berwarna kekuning – kuningan sehingga sering disebu sebagai fosfor kuning. fosfor putih sangat reaktif dan beracun.

fosfor merah kurang reaktif dan relatif tidak beracun. Fosfor hitam mirip dengan grafit. fosfor ini dapat dibuat dengan memanaskan fosfor putih pada tekanan tinggi. Fosfor hitam tidak stabil dan pada pemanasan 550OC berubah menjadi  fosfor merah.

Apa yang terjadi di Gaza adalah pengeboman oleh mahluk biadab Israel yang mengunakan bom dengan kandungan fosfor putih di dalamnya. Bahan – bahan dalam bom yang di bakar akan menghasilkan suhu yang tinggi. Efek terhadap tubuh manusia tentunya sangat berbahaya, dapat menyebabkan luka bakar yang luas, lebih dari 25% permukaan tubuh. Fosfor dapat menyebabkan trauma yang bersifat toksik dan penyebab kematian walaupun luka bakarnya hanya seluas 12 – 15%.

Kulit yang terpapar oleh fosfor mengalami lesi dimana jaringan tubuh mengalami keabnormalan. Lesi ini bisa meluas  sampai seluruh fosfor diserap tubuh atau area di sekitar lesi kehabisan oksigen. Pasien akan merasa sangat sakit jika berendam di air dingin. Luka akan membentuk jaringan nekrotik berwarna kekuningan, berbau seperti bawang putih
dan bersinar dalam kondisi gelap (fosfor bisa menyala dalam gelap).

Fosfor dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan bisa juga pada hati. Diduga penyebab dari kerusakan-kerusakan  tersebut adalah masuknya  inorganik fosfor  kedalam peredaran darah.

5 responses to “Luka Bakar Akibat Fosfor

    • Bubuk fosfornya berbahaya juga klo g ditanganin dengan baik.
      Dia mudah terbakar, kalo kena kulit atau mata bisa menyebabkan iritasi, kalo terlalu sering terkena fosfor.. kulitnya bisa kering n pecah – pecah gitu.
      Soo… nggak mesti jadi bom dulu😀

  1. Ikut nanya yh…fosfor biasa digunain bwt benda2 yg bisa berchaya klo glp y?gimana buatnya ya?gak bahaya tuh?

  2. Ikut nanya dunks….kl misal dah terkena fosfor putih…bs diobati dg apa y??? ato ada gk y ramuan tradisional yg bs mencegah efek sampingny…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s