before )( now )( after

Sebelum berangkat, dalam hati ku bertekad bahwa ini adalah training terakhirku! Tidak ada training – training berikutnya yang kuikuti lagi untuk mengetahui orang seperti apa aku ini. Itulah tekadku ketika mengikuti SIAWARE.

3 bulan terakhir kurasakan diri ini begitu gamang, tidak jelas hendak melangkah kemana. Ketika menghadapi lembaran baru selalu ada ketakutan yang menghampiri. Kebiasaan – kebiasaan baikku menguap perlahan entah kemana. Aku segan bertemu dengan orang – orang ataupun teman, kuliah suka ogah – ogahan, kalaupun dateng ya… sekedar menuh – menuhin absen. Takut ketemu dosen pembimbing… dan akhirnya TA nggak mulai – mulai. Banyak tidur… nyampah… Pokoknya nggak banget deh. Ampun dah! Astaghfirullah…

Setelah di ‘paksa – paksa’ ma Za akhirnya aku memutuskan untuk ikut. Aku mau lihat apa benersih nih SIAWARE bisa membantuku menemukan apa yang ku cari. Lumayan banyak testi yang ku baca dan hasilnya… bagus. Tapi aku masih tidak percaya, dan muncul pertanyaan baru “apa mereka masih bertahan dengan perubahannya sampai sekarang?!” Paling efeknya cuma seminggu / dua minggu!

Beugh…! Skeptis abis dah aku… pernah suatu waktu aku main ke sekre SIAWARE dan ada salah seorang alumni yang bercerita tentang perubahan yang terjadi pada dirinya dan keluarganya. Tahu apa yang ku lakukan? Aku hanya senyum dan memandang sinis kearahnya (jahat banget ya… tapi dia tetep tersenyum riang gitu…). Pokoknya aku NGGAK PERCAYA!!!

Orang bijak bilang, pengalaman adalah guru terbaik. Kalo nggak percaya ya… buktiin dong!

Itulah yang kulakukan! Aku ingin membuktikan apa yang mereka katakan dan aku ingin menemukan jawaban atas semua kegalauan tentang diriku.

Aku bukanlah orang yang mudah merasa nyaman ketika berada di tempat baru dengan orang – orang baru. Awal keberangkatan aku hanya diam dan mengobrol dengan teman sebangku seperjalanan. Kalaupun itu ada obrolan kecil dengan yang lain… bisa dibilang… ya.. agak maksain diri sebenernya.

DAN..

Selama Selama 3 hari 4 malam mengikuti SIAWARE… Kurasakan perubahan – perubahan yang terjadi padaku dan kawan – kawan disekelilingku.  Subhanallah…

LUAR BIASA!

Sepulangnya dari SIAWARE kudapati suasana perjalanan yang berbeda. Kok terasa lebih ceria ya.. lebih hangat… suasananya dibandingkan ketika berangkat. Aku tertidur selama perjalanan pulang ditemani celotehan kawan – kawan yang lagi maen domikado di kursi belakang.

Aku senaaaang…., terimakasih Allah… Za… mamah & papah yang selalu mendukungku. Beratnya mengeluarkan uang 300.000 akhirnya terbayarkan! bahkan nggak sebanding dengan apa yang sudah ku dapat sekarang.Kalau dhitung – hitung… bulan NOvember ini lagi banyak pengeluaran, tapi… alhamdulillah dimudahkan

tahnks juga buat teman – teman SIAWRE 14!

[Have you ever seen your face. In a mirror there’s a smile But inside you’re just a mess. You feel far from good. Need to hide, ‘cos they’d never understand]

[Have you ever had this wish, of being somewhere else. To let go of your disguise, all your worries too. And from that moment, then you see things clear]

[I’m okay, I really am now. Just needed some time, to figure things out…]

– Lene Marline_disguise

Leave a Reply

