Mudik !

25 September 2008, “Mbak besok bisa pulang nggak? Nis masuk rumah sakit di Cirebon. Rumah sakit Pelabuhan… cepetan ya Mba… jangan sore – sore nyampenya” mamahku telpon ba’da sholat Isya. “iya mah Insyaa Allah” jawabku. Huwaaa… manusia memang hanya bisa berencana. Pulang tanggal 29 Sept pun akhirnya dimajukan. “Nie, ikut ya ke Indramayu” tanya Dhian. “Boleh” kataku.

26 September 2008, semaleman nggak tidur. Malah menggila di depan internet. Ngedonlot lagu, browsing artikel untuk TA, ngeblogging, chatting, tentunya nggak lupa untuk shalat, tilawah en sahur. Jam 6.30 aku pergi ke MTC di Jl. Sukarno Hatta untuk mengambil titipan mamah dari tente Tetet. Alhamdulillah nggak macet, orang – orang masih pada tidur kali ya… seplastik pilus, sebotol sari kurma, 3 toples berisi cokelat, stick almond, dan stick keju telah berada di tanganku. Tante Tetet nitip salam buat keluarga dan nggak ketinggalan ngasih uang jajan he… he… lumayan.

Aku harus melanjutkan perjalanan ke DSEC di cisitu. Uang gajian ngajarku belum di ambil (sebenernya sih dah nggak ada duit buat pulang🙂 ). Alhamdulillah uang gajian yang cuma sebulan bisa mencukupi pendanaan perjalananku. Ampun dah… perjalanannya dari ujung ke ujung. Mabok… mabok…

Karena Teh Delina yang mengurusi pergajian lom datang aku utik – utik komputer DSEC. Ngambil file dari Krisna terus nyimpen lagu naruto pesenan Edi.

Setelah uang di tangan, aku langsung cabut ke kosan. Wah cepet juga ya nyampe kosan jam 10an. “Yaaaan, ayo siap – siap. Kita berangkat ke terminal jam 10.30 ngejer bis yang jam 11.00” ujarku

Di dalam bis, “Howaaaheee…mm haduh yan, ngantuk. Nie tidur duluan ya… oyasuminasai…”. “Oyasumi…” jawab Dhian. Sekitar 3 jam aku tidur. “Haduh Nie, mual nih… pusing… kayaknya ACnya kotor deh” keluh Dhian. “Iya kali ya… liat aja tuh atasnya berdebu. Eh, mana lagu – lagu yang tadi kamu print? Nyanyi – nyanyi aja yuk’’ Sebenrnya ini sudah direncanakan semalam ha..ha..ha… bahagianya…

Sebenernya di bis juga ada TV sih… lagi nyetel lagu – lagu dangdi (baca : dangdut) gituh. Ampun daah… kayaknya emang lagu jadul deh. Isi lagunya tentang cinta, putus asa, merana ditinggal pacar, jatuh cinta dan sepupu – sepupunya. Haduh… cape deh… video klip nya juga dah nggak karuan. Majang cewek yang kebanyakan di semua lagunya pake baju zaman purba terus melenggok – lenggok nggak karuan! Ampun daaahh… bikin mata dan hati jadi sakit, mana sekarang lagi bulan puasa.

Agar tidak terlalu tersakiti… kita bikin konser tandingan Ha…ha…ha… Akhirnya konser tembang – tembang daerah mulai dari ujung sabang sampe merauke pun kami dendangkan. Nggak ketinggalan juga lagu – lagu nostalgila (baca : nostalgia). Hi…hi… nggak peduli ma orang di sebelah kiri, depan atau belakang keberisikan ato nggak. Yah… kayaknya nyampe 1,5 jam kita konser.

Nyampe di Cirebon kita sempet muter – muter dulu gara – gara salah angkot. Angkot pertama lumayan jauh jalannya, setelah sadar kalo nih angkot nggak ngelewatin RS Pelabuhan kita langsung turun en bayar Rp. 5000 untuk 2 orang. Setelah nanya sana sinih akhirnya dapet pencerahan. Angkot kedua jalannya lumayan deket (kayak dari Jl. kebon bibit ke simpang) tapi bayarnya Rp. 2500/ orang. Gimana kita nggak melongo! Haa… Mahal amat. Angkot ketiga pun sama, rutenya nggak terlalu jauh tapi bayarnya 2500 juga/ orang. Usut punya usut , kalo naik angkot di Cirebon bayarnya jauh dekat 2500. Gyaaa…. Nggak adil dong…

Nyampe RS Pelabuhan jam 16.00. Fiuh… panas, gerah, capek, haus, laperr… (ups, kan lagi puasa). Setelah masuk kamar, adikku Anis sedang minum di atas kasur dengan selang infus terpasang di tangan kirinya. “Trombositnya kecil mbak…86” ujar mamah ku….

Semaleman aku, Dian (adikku) dan Dhian nggak tidur (shift2 an bobonya). Mamah, Papah dah terkapar gitu di lantai kecapekan.

27 September 2008. Ba’da shalat subuh (biar nggak panas he..he..), aku dan Dhian pulang ke Indramayu. Perjalanannya Cuma sejam. Nyampe rumah sekitar jam 7an. Begitu masuk rumah… “Nie tidur dulu ya” kata Dhian. “Iya… nguantuq banget. Ntar bangunnya jam 9an aja terus ke pasar” ujarku. Nggak pake mandi dulu dah langsung ambruk di kasur. Nggak nyampe 2 menit kita sudah memasuki gerbang alam mimpi. Kipas angin di kamar menemani kami menuju alam mimpi. “hee…? Jam 11? Gyaaa… mandi…mandi…” aku panik langsung ngambil handuk dan mandi. Setengah jam kemudian langsung cabut ke pasar.

“Faniiii…. Kok nggak ngebangunin sih!”

“He..he.. sorry… abis kasian… kayaknya kecapean gitu. Berangkat dulu ya… baliknya paling jam 2 an. Daahh … assalamu’alaikum”

Mamahku buka toko sembako di pasar. Karena Anis sakit jadi warungnya dititipkan ke Bu Diah, temannya mamah. “Aduh nooo…k tekane awan pisaaaan, ibu wis nongoni senget mau…” ujar Bu Diah. “He..he.. maap Buuuu ketiduran…” jawabku sambil nyengir.

Siang itu 1 karung aci dan 1 karung tepung hungkwe berhasil di buntelin (ditimbang terus dibungkusin pake plastik). Jam 14.30 dengan rok dan baju penuh dengan tepung aku pulang kerumah. Jam 15.00 an balik lagi ke pasar bareng Dhian mengantarkan kwetiaw 2 bal.

“Nie, kelaut doooong…”

Setelah mengisi bensin aku dan Dhian ke laut di daerah Karangsong. Dalam perjalanan menuju pantai kami melewati perumahan nelayan. Dipinggir sebelah kiri ada sungai yang lumayan lebar. Di tepinya banyak perahu bersandar bahkan ada nelayan – nelayan yang sedang membuat perahu. Huwaaaaa….h kereeen… si Dhian nggak henti – hentinya teriak kayak nggak pernah ke laut ajeh -_-!

Pantai di Karangsong berlumpur sehingga airnya keruh. Saat ini sedang di bangun pemecah gelombang. Abrasi di pantai ini memang sudah parah. Sebenernya ini adalah kali pertamaku ke pantai Karangsong setelah di bangun pemecah gelombang. Sebelumnya aku juga sering ke tempat ini sejak SD. Biasaa.. main – main cari kerang sehabis ujian, teriak – teriak nggak jelas dan sepupu – sepupunya. Sayang sekali pas ke sana nggak bawa kamera…

Nyampe rumah, kita bagi – bagi tugas. Aku ngelapin bufet, nyapu en ngepel lantai. Dhian masak… Saat buka puasa kami minum es kelapa muda. Huwah… segarnya… ba’da shalat maghrib kita mulai beraksi! “Dhee, pake aja apa yang ada di dapur. Terserah mo masak apa aja.” Ujarku.

Lap dan sapu sidah siap di tanganku. Malem – malem kok beberes rumah… yah.. apa boleh buat. Besok pagi harus ke Cirebon lagi, gantian sama mamah.

“Kok kita kayak berumah tangga aja ya” kata Dhian.

“He..he.. iya, kamu masak… aku bersih – bersih rumah…”

“Berarti aku istrinya trus kamu suaminya Ha…ha…ha…” celetuk Dhian

“Hwuaaa… enak aje…!”

“Lha iya kan, mana ada suami masak – masak. Keseringan juga istri”balas Dhian

“-_-! Fiuh… udah cepetan masaknya bu…“

Huwaa..ha..haa..ha… dodoooool…. Dodooolll… kita ketawa bareng

Entah kenapa kok si Dhian makannya jadi banyak gitu ya? Aku jadi heran. Biasanya kalo di Bandung makannya Cuma sedikit! Ampun dah nih anak. Nyamilnya juga kok jadi kayak aku. Nggak enak kalo nggak ngabisin camilan dalam sehari. Ampun daaah….

28 September 2008. Aku dan Dhian dah di Cirebon lagi. Mamah sedang menunggui Anis. Dian, adikku dan papah masih terkapar di lantai beralaskan karpet. “Diluar aja yuk Yan…” kataku setelah menaruh barang – barang bawaan kami. Semalam Dhian tidak tidur, akhirnya kami menuju sofa di depan kamar – kamar rumah sakit. Dhian pun terlelap di atas sofa sedangkan aku melanjutkan buku bacaanku yang belum selesai, Gajah Mada seri Madakaripura Hamukti Moksa. Setelah lama baca akhirnya ketiduran juga he..he..

Hari ini trombositnya naik jadi 88. Sudah enak di ajak ngobrol, nggak uring – uringan lagi, dah bisa bercanda… mamah bisa pulang ke rumah dengan tenang.

29 September 2008. Dhian balik lagi ke Bandung karena tanggal 1 akan mudik ke Yogya. Yang tinggal di RS hanya aku, Dian, dan papah. Seharian ini Anis ribut pingin pulaaaa…ng terus.

30 September 2008. Dengan uang pas – pasan administrasi RS pun terlunasi. Alhamdulillah… nggak sampe minjem duit ke sodara. Ba’da buka puasa kami cabut ke Indramayu. Alhamdulilah…. terimakasih teman – teman… sudah mendo’akan adikku. Semoga Allah membalas kebaikan kalian..

1 Oktober 2008. See U next year Ramadhan… Met Idul Fitri…Taqabalallahu minna wa minkum..

6 responses to “Mudik !

  1. hmm,, masih mending jauh dekat 2500
    klo di mataram (lombok) jauh dekat 3000 ^^

    hiii, kalian masih normal kan bu, pak??

    nie, nie, kronologis banget ceritanya ^^ cocok deh jd wartawan

    hmm, yaa, smg masih bisa bertemu Ramadhan tahun depan.. aamiin

  2. tadi pagi rasanya ada beberapa yg hrs diedit, ko sekarang lupa ya? hehe, selama di imy-crb itu siklus tidur jadinya jam9-12. malemnya ON! kelaperan itu, Nie.. Capek pisan, jadi energinya terkuras banyakkk! hahahaha!

    @ ajeng : masi normal koq! normal banget malah😀

  3. hmmm,padahal di tawazun ga pernah kebagian tugas wawancara ustadzah[apa hubungannya…?],hehehe
    senangnya bisa mudik…
    maen ke pantai pulak,udah hampir 8 tahun ga ke pantai…udh lupa asinnya air laut😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s