Lingkaran CahaYa

aPRIL

3 hari aku merana… gak jelas juntrungannya… tapi aku berusaha untuk melakukan jurus tombo ati nu aya 5 perkara tea. Alhamdulillah, mantep tuh jurus.

Siang ini aku memaksakan diri untuk keluar dari sarang kemalasan yang mulai menyelubungi. Menyusuri jalan yang berdebu ditengah terik matahari Bandung yang sangat menyengat, dalam hati aku berdo’a “mudah- mudahan penyakit ini bisa terobati, laahaula wa laa quwwata ilaa billaah…” dengan langkah mantap kumasuki rumah Allah… “Wuih adem bo…”

Sebelumnya Bunda telfon aku, katanya masih ada acara gak bisa di tinggal dan kemungkinan telat. Ternyata Bunda nggak bisa dateng beneran.

“parade tausiyah aja yuk! Biar semuanya kebagian ngomong Okeh!” ujar temanku

X : “Rasulullah itu sangat memperhatikan masalah hutang lho. Sampai- sampai beliau tidak mau menyolati orang meninggal yang masih punya hutang, kecuali ada sanak keluarga atau orang yang membayarkannya. Atau orang yang dihutangi oleh si fulan mengikhlaskannya. Dan amal kita bisa berkurang kalo hutang itu tidak dipenuhi. Jadi sebagai ganti hutang itu adalah amal ibadah kita.”

y : “saya pernah baca sebuah buku. Tapi lupa… ini syair atau hadist atau apa… gitu. Kurang lebih dituliskan sebagai berikut : seorang manusia yang dirinya tidak disibukkan oleh hal besar, sudah dapat dipastikan dia akan sibuk oleh hal- hal kecil yang tidak penting. Jika kita memiliki mimpi besar maka setiap turunan aktivitasnya akan mengarah pada tujuan besar. Beda kalo kita nggak punya mimpi besar, pasti akan disibukkan oleh suatu hal yang mungkin bisa dibilang nggak penting. Soo… contoh simpelnya sih… buat targetan mingguan, bulanan atau tahunan yang ingin di capai.”

Z : “Cuma mo refresh mengenai ma’rifatullah.. sebuah konsekuensi ketika mengucapkan syahadat adalah merasa diawasi setiap gerak kita, mematuhi perintahNya, menjauhi laranganNya. Itu adalah bukti bahwa kita mengenal Allah.”

A : “Shalat merupakan kewajiban seorang Muslim. Adakalanya Shalat dilaksanakan hanya sebagai penggugur kewajiban saja. Rasanya pasti tidak nikmat. Shalat hanya gerakannya saja tanpa bisa memaknai setiap gerak dan bacaannya. Mungkin ini bisa menjadi evaluasi lagi buat kita. Sudahkah Shalat kita benar? Baik bacaannya, gerakkannya, niatnya… Mungkin ini salah satu penyebab futur juga…”

B : “Ada sedikit kata mutiara : Taruh lah telur- telur impianmu jangan di satu keranjang, tapi banyak keranjang. Sehingga ketika telur dalam satu keranjang itu pecah maka kamu masih memiliki telur yanglain dalam keranjang yang berbeda. Milikilah banyak impian, cita- cita. Jika satu mimpi tidak tercapai maka kamu masih punya mimpi- mimpi yang lain.”

C : “Keinget film The Messenger yang semalem di tonton. Yang bagian ketika Bilal disiksa oleh kafir Qurays tapi Bilal tetap memegang teguh agamanya. Meski di tindih batu, di cambuk, di panggang di bawah terik matahari diatas gurun pasir yang panas Bilal tetap teguh pada pendiriannya. Tetap teguh pada keimanannya. Tidak luput juga siksaan itu terjadi pada keluarga Sumayyah, seorang syahidah pertama. Betapa teguh pendirian mereka. Bandingkan dengan kita yang nggak ada apa- apanya. Siksaan kayak gitu dah nggak ada lagi zaman sekarang. Kita bebas melaksanakan ajaran- ajaran Islam kapanpun dimanapun. Tapi terkadang kita masih suka mudah futur. Mudah- mudahan ini bisa menjadi renungan buat kita…”

D : “setiap manusia memiliki porsinya masing- masing. Maka Allah pun memberikan ujian sesuai dengan prosi yang ada. So jangan khawatir ketika ujian itu datang, yakinlah bahwa Allah memberikan ujian ini untuk meningkatkan kemampuan kita. Dan Allah pasti akan memberikan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. Tetaplah yakin. Salah satu solusi yang kadang kita mudah untuk melupakan adalah ‘ketenangan’. Ketenangan ini merupakan salah satu solusi yang Allah berikan ketika kita yakin padaNya”

Hiks… THANKS FRIENDS

One response to “Lingkaran CahaYa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s